Pendidikan

Latar Belakang dan Tujuan Standar Sarana dan Prasarana

6views

Kelengkapan sarana dan prasarana sebagai salah satu penunjang keberhasilan pendidikan, seringkali menjadi kendala dalam proses penyelenggaraan pendidikan di sekolah maka setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.


Setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi. Ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolahraga, tempat ibadah, tempat bermain dan tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.


Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar menengah. Dalam berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, misalnya pengembangan kurikulum nasional dan lokal, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pengadaan da pearbaikan sarana dan prasarana pendidikan dan peningkatan standar sarana dan prasana yang ada di sekolah.


Adapun tujuan standar sarana dan prasarana pendidikan di antaranya ialah sebagai berikut:

  1. Mewujudkan situasi dan kondisi sekolah baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
  2. Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi dalam pembelajaran.
  3. Memberi kemudahan dalam tujuan pendidikan.
  4. Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot pelajar yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional, dan intelektual siswa dalam proses pembelajaran.
  5. Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individunya.

Leave a Response