Pendidikan

Lingkungan Belajar

8views

Lingkungan adalah suatu tempat atau suasana (kedaan) yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan seseorang. Sedangkan belajar adalah kegiatan yang memerlukan konsentrasi tinggi. Tempat dan lingkungan belajar yang nyaman bisa memudahkan peserta didik untuk berkonsentrasi. Dengan mempersiapkannya lingkungan belajar yang tepat, peserta didik akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Prestasi belajar itu salah satunya dipengaruhi oleh lingkungan belajar.


Aktivitas guru dalam menata lingkungan belajar lebih terkonsentrasi pada pengelolaan lingkungan belajar di dalam kelas. Oleh karena itu pembelajar/guru dalam melakukan penataan lingkungan belajar di kelas tiada lain melakukan aktivitas pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas merupakan upaya pendidik untuk menciptakan dan mengendalikan kondisi belajar serta memulihkannya apabila terjadi gangguan atau penyimpangan sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara optimal.


Menurut Muhammad Saroni salah satu aspek penting keberhasilan dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru adalah penciptaan kondisi pembelajaran yang efektif. Kondisi pembelajaran efektif adalah kondisi yang benar-benar kondusif, kondisi yang benar-benar sesuai dan mendukung kelancaran serta kelangsungan proses pembelajaran.


Lingkungan belajar dalam hal terutama dikelas adalah sesuatu yang diupayakan atau diciptakan oleh guru agar proses pembelajaran kondusif dapat mencapai tujuan pembelajaran yang semestinya. Lingkungan belajar di kelas sebagai situasi buatan yang berhubungan dengan proses pembelajaran atau konteks terjadinya pengalaman belajar.

Dengan demikian lingkungan belajar merupakan situasi buatan yang menyangkut lingkungan fisik maupun yang menyangkut lingkungan social. Lingkungan belajar dapat diciptakan sedemikian rupa sehingga mampu memfasilitasi peserta didik untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Leave a Response